Friday, March 26, 2010

Soal-soal ulangan harian IPA ke III kela 4 semester II tahun pelajaran 2009-2010

Soal-soal ulangan harian IPA ke III kela 4 semester II tahun pelajaran 2009-2010 bisa di download di sini kemudian di print dan jawab dikerjakan di soal ini. pengumpulan jawaban paling lambat hari Senin, 29 Maret 2010.

Kalipang, 26 Maret 2010 Guru Mapel IPA, TTD RUDI HARTONO, S.Pd.I

Tuesday, March 23, 2010

KURANGNYA KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN ICT

KURANGNYA KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN ICT Oleh: Rudi Hartono, S.Pd.I Sistem information and communication technology (ICT) sudah bukan merupakan barang baru lagi, di kalangan anak-anak media internet sudah cukup familier. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta didik baik itu tingkat SD, SMP, maupun SMA yang memiliki e-mail, frienster, facebook, twiter, dan juga blog. Dan kita tahu bahwa saat ini hampir setiap siswa dapat mengakses fasilitas internet dengan mudah baik di lingkungan sekolah atau di luar sekolah. Akan tetapi, jika kemampuan siswa dalam menguasai aplikasi internet ini tidak dibarengi dengan tingginya kemampuan guru dalam menggunakan internet. Padahal, kita tahu bahwa penguasaan internet itu sangat menunjang pembelajaran (E-Learning) di masing-masing sekolah. Rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan ICT ini terlihat dari sangat seditkitnya guru yang bisa mengoperasikan komputer, sedikitnya guru yang bisa internet termasuk yang memiliki e-mail, facebook, blog, dan lain-lain. Jangankan mengoperasikan komputer atau menggunakan aplikasi internet guru-guru yang memiliki HP saja hanya masih banyak yang hanya bisa SMS dan terima telephon. Rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan ICT ini diakibatkan oleh kurangnya kemauan guru itu sendiri untuk belajar dan juga karena kurang atau bahkan tidak adanya fasilitas internet di sekolah, selain itu juga disebabkan masih mahalnya tarif internet. Penggunaan sistem information and communication technology (ICT) baik itu berupa internet, software sistem administrasi pendidikan, notebook dan LCD projector dalam dunia pendidikan untuk saat ini sudah mrupakan suatu kebutuhan yang tak dapat ditunda-tunda lagi jika dunia pendidikan ingin mencetak generas yang handal dan memiliki daya saing global. Oleh karena itu guru di era digital sekarang ini sangat dituntut untuk menguasai ICT. ICT selain memiliki banyak hal yang fositif tentunya juga memiliki dampak yang negatif, tetapi dampak negatif dari ICT ini dapat kita cegah dengan meningkatkan pemahaman nilai-nilai keagamaan dan juga peran guru, orang tua dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menghilangkan atau meminimalkan hal-hal yang tidak kita harapkan tentunya